CARA MEMBANGUN KERNEL ANDROID

Sedikit Tentang Kernel

oke, sesuai judul ..
Kernel adalah sesuatu di operating System yang menangani jalannya system .. yang berdampak besar bagi System itu sendiri ..

Spoiler for kernel image:
Quote:
okay ,. disini ane menggunakan hh HTC Desire HD sebagai praktikum .. dan source githubnya adalah LorDmodUE (Thanks to @LorD ClockaN) [ini kudu pkek githubnya masing masing dev agan/sista]
trus kompi yang ane pkek ber-OS Ubuntu 10.10 maverick meerkat 32-bit
Requierments
Spoiler for Requierments:

– Linux 32/64 bit with OS Ubuntu 10.10, 10.04, ,11.04 ,12.04(Recommended)
– HH Android yang mau dibikin Kernelnya
– Inet Kenceng buat clone Git Devnya yang mau dijadiin base kernel
– SDK
– Java
– ToolChain
– GCC
– Basic Knowledge About C/C++
– dll.

untuk ubuntu dan turunan

Code:
sudo apt-get install -y build-essential kernel-package libncurses5-dev bzip2 git

untuk toolchain (32-bit sama 64-bit beda) ini untuk 32-bit – ane make Linaro

Code:
https://android-build.linaro.org/jenkins/view/Toolchain/job/linaro-android_toolchain-4.5-2011.10/lastSuccessfulBuild/artifact/build/out/android-toolchain-eabi-linaro-4.5-2011.10-1-2011-10-21_15-21-26-linux-x86.tar.bz2
Step By Step
Quote:
Ane bakal jelasin step by step bikin kernel ,.. TELITI .. salah sedikit bakal salah banyak ..

 

Spoiler for step 1:
Pertama bikin dulu Working Foldernya,
– ~ adalah Home folder
– ~/… berarti /home/USER/blablabla
langsung saja,input on terminal

Code:
mkdir android <-- posisi di Home
cd android
mkdir kernel
cd kernel
git clone https://github.com/qazsxdcfv/LorDmodUE.git

ditunggu .. kalo cepet paling 15 menitan .. tergantung source and koneksi internet
..

kalo udah oper ke folder dengan

Code:
 cd LorDmodUE

now step 2.

Spoiler for Step 2:
udah semua .. sekarang ketik ini di terminal

Code:
 make clean && make mrproper

trus, ketik ini

Code:
 gedit Makefile

trus tulis dibawah info di paling atas tempat toolchain agan/sista berada kalo ane begini

Code:
 export CROSS_COMPILE=/home/[USER]/android/android-toolchain-eabi/bin/arm-eabi-

sudah ?? gini lah kalo gak salah gambarnya

================================================== ======

gambar dari “make clean && make mrproper”

now to step 3

Spoiler for Step 3:

Sudah melakukan step 2 ?? ok

sekarang ,.. kita membuat .config nya ..

dengan kode

Code:
 make deviceanda_defconfig << bisa di temukan di arch/arm/configs

atau

*SDK and ADB Required

Code:
adb pull /proc/config.gz
gunzip config.gz
------------------------------------------

trus config nya direname menjadi .config

gambar silahkan di cek :

================================================== ======


BEFORE

AFTER

now to step 4

Spoiler for Step 4:

kalo udah menuliskan .config masing masing device anda
sekarang menset kernel anda dengan mengetikkan :

Code:
 make menuconfig

dan .. akan tampil seperti ini (gambar sesuai kernel masing masing )

gambar

================================================== ===================================

now to step 5

Spoiler for Step 5:

udah di config ??

ok,.. Let’s start build the kernel ..

pkek command:

Code:
 make -Jx ARCH=arm 
------------------------------------
x = berarti procie laptop/PC anda .. disini ane pkek  leptop procie Core 2 Duo jadi commandnya adalah :

make -J2 ARCH=arm 

-------------------------------------

disesuain aja .. kalo pkek PC biasanya -J16 kebanyakan .. heheheh its up to you ..

tungguin aja, tergantung leppie atau PC .. 15 menit atau lebih lah .. hehehe ..

gambar :


now step 6

Spoiler for Step 6:

sudah TerBuild ??

okay ,.. jika telah selesai
saatnya copas meng-copas ..

kernel anda berada di directory

Code:
arch/arm/boot/zImage
------------------------------------
lib lib and driver driver berada di ;

driver wifi : drivers/net/wireless/bcm4329/bcm4329.ko
driver Virtual RAM : drivers/staging/zram/zram.ko
driver 2 Way Call Recording : arch/arm/mach-msm/qdsp5v2_1x/qc_pcm_in.ko
driver driver lain : - drivers/net/kineto_gan.ko
                          - drivers/net/tun.ko
                          - fs/cifs/cifs.ko

nah kalo mau gampang ,.. bisa pkek script buatan ane .. yang langsung mengcopy dan mengclean sourcenya ,.. jadi gak perlu repot repot heheh

silahkan sedot :

ok kalo udah tgl lanjut ke step 7 hehehe

Spoiler for Step 7:

kalo udah .. ada 2 pilihan

– Repack jadi boot.img dan langsung buat di flash ke rom
– AnyKernel updater by @KoushikDutta

nah pilih salah satu ,.. untuk yang kali ini jangan males tanya sama si mbah Google heheheh

Finishing
Advertisements

About eissenvale

i like anime :D
Gallery | This entry was posted in Android. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s